Kamis, 15 November 2012

MICE

Assalamualaikum! :D
nah ini termasuk postingan terbaru nih...
I'd like to inform you, sekarang gue lanjut kuliah lagi, alhamdulillah, di State Polytechnic of Jakarta (PNJ). hehehe
Kurang lebih sebulanan deh gue kuliah disini (oke,udah lumayan lama sih -_-)
Banyak yang komen, "lah orang mah dari PNJ ke UI, lo malah dr UI ke PNJ,"
Gue jawabnya cuma "ya terus?,"
Gue dr UI ke PNJ, so what? Emang dosa?
Lagian ini pilihan gue sendiri, jurusan yang gue mau adanya disini.
Gue ambil Kelas Lanjutan D4 MICE (Meeting Incentive Convention Exhibition). Jurusan ini masih belum terlalu familiar buat orang2, khususnya masyarakat Indonesia. Soalnya emang industri MICE nya sendiri termasuk "terlambat" sih disini.

 Kenapa MICE?
Karena dari dulu gue suka berorganisasi, dan MICE ini kental banget sm per-organisasian.
Terus dari dulu gue suka nge-arrange acara, pernah beberapa kali gue yang bikinin pesta ulangtaun keluarga atau temen2 gue (masih kecil2an sih tapi lumayan), jadi pengen punya Event Organizer sendiri, jadi Wedding Organizer atau Promotor2 gitu. Gue pikir tadinya MICE ya sebatas EO gitu2 doang, tapi ternyata lebih luas, lebih global dari itu, dan itu yang bikin gue malah tambah tertarik.
Mice ini juga gak bisa kepisah sama dunia kreatif, sama kayak jurusan gue sebelumnya. Dunia MICE dan Broadcasting ini tergambar di otak gw "luas dan bebas", suka aja :D
Daaan, sama kayak Broadcasting, potensi di MICE ini guedeeee buanget. Mice sering di hubung2in sama dunia pariwisata, which is, Indonesia menurut gue adalah negara oaling berpotensi (seharusnya) di bidang itu.
Jurusan ini juga masih ada hubungannya sama Broadcasting, kan bisa bikin exhibition, festival film misalnya.
Kalo kata dosen gue sih MICE ini lebih ke belajar bisnis, dan gue juga lagi tertarik sm dunia itu. Gara2 baca bukunya Ippho Santosa, dia bilang Nabi Muhammad itu jago bisnis, gue juga pengen deh jadi pebisnis :p
Terus...mm .. apalagi yah...
Kalo dicari alesannya kenapa ini jadi pilihan gue sih buanyak buanget, segitu aja dulu kali ya, biar gak kepanjangan.

Kenapa D4? Kenapa gak "langsung" S1 aja?
Begini sodara-sodara, jadi, jalur pendidikan tinggi itu sebenernya ada dua.
1. Praktisi (d1-d4, sp1, sp2)
2. Akademisi (s1-s3)

Praktisi itu seperti namanya lebih dominan praktek dan emang ditujukan untuk bisa langsung turun kerja praktek di lapangan.
Kalo yang akademisi itu dominan teori, dan ditujukannya buat analisa2 masalah2 gitu.
Kalo pengen tau lebih jelas bisa gugling sendiri atau buka link ini http://id.wikipedia.org/wiki/Sarjana_Sains_Terapan
Gue pribadi lebih cenderung suka praktek, walaupun teori juga gue suka. Tapi pelajaran lebih nyangkut di gue kalo gue praktek langsung.
Terus gue justru malah suka kalo d4 dibilang minoritas, it made me different. Juga, kalo ada yang nganggap D4 "lebih" rendah dari S1, i thank them, that made me struggling to be on top.

Gue bangga dna bahagia karena bisa ngerjain apa yang gue mau, apa yang gue suka, dan apa yang gue pilih. Gak semua orang seberuntung gue bisa ngejalanin pilihan mereka sendiri kan. Alhamdulillah gue punya orangtua yang sangat amat support gue to be whatever i want to be.

Plus! Alhamdulillah temen2 gue di d4 lanjutan MICE ini asik2 semua! Sesuatu yang gak gue dapet dari jurusan sebelumnya :)
Yah, Allah kalo udah ngasih jalan, rejeki mah gak kemana yah :D sekali lagi, alhamdulillaaaah

Next post insyaAllah gue bakal sharing sedikit lebih detail tentang MICE, jadi bisa belajar bareng2~


14 komentar:

  1. kk minta e-mailnya dong, ak mau masuk MICE juga, jadi butuh info lebih banyak ..

    BalasHapus
  2. kak, kalo sekarang yang jalur PMDK di PNJ buat jurusan MICE ada tes kekhususannya, kakak dulu ada gk ? kalo ada, ngapain kak tesnya ?

    BalasHapus
  3. peluang krjanya kemana aja ya kak?

    BalasHapus
  4. Kak mau nanya kan di blog resmi pnj masuk jurusan MICE ini ada tes kekhususannya dan iu berupa apa kak tesnya ??? Di mohon infonya kak please~~ makasih sblmnya😂

    BalasHapus
  5. Kak mau nanya kan di blog resmi pnj masuk jurusan MICE ini ada tes kekhususannya dan iu berupa apa kak tesnya ??? Di mohon infonya kak please~~ makasih sblmnya😂

    BalasHapus
  6. kak aku ada niat mau masuk PNJ ambil MICE, soalnya disekolah aku juga ada pelajaran MICE. tapi emangnya persyaratannya harus ada dokumen pernah ikut serta dalam event gitu ya kak? tolong infonya kak, terimakasihh

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Tertarik sih mau masuk pnj kasih tau tips dan triknya donk

    BalasHapus
  9. Yang bilang D4 lebih rendah daripada S1 itu orang yang pengetahuannya kurang.. mereka sksnya sama, tahun lulusnya sama, pelajarannya sama, sama-sama bisa langsung ke S2.. yang bikin beda S1 dapet gelar, D4 dapet pengalaman lebih yang bisa dicantumin ke CV.. orang jaman sekarang kalo cari pekerja pasti dari pengalamannya bukan gelarnya 😍😍

    BalasHapus
  10. Yang bilang D4 lebih rendah daripada S1 itu orang yang pengetahuannya kurang.. mereka sksnya sama, tahun lulusnya sama, pelajarannya sama, sama-sama bisa langsung ke S2.. yang bikin beda S1 dapet gelar, D4 dapet pengalaman lebih yang bisa dicantumin ke CV.. orang jaman sekarang kalo cari pekerja pasti dari pengalamannya bukan gelarnya 😍😍

    BalasHapus
  11. mau nanya dong kak, apa kalau daftar d4 mice itu harus lanjutan dari d3?

    BalasHapus
  12. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung juga punya loh program studi ini, disana namanya adalah Pengelolaan Konvensi & Acara atau disingkat PKA, sama-sama D4 dan disubsidi oleh Kementrian Pariwisata langsung, serta punya kurikulum internasional.

    BalasHapus
  13. Bisa minta emailnya saya lagi mencari team yg mengerti event atau hub saya di no 081291779929

    BalasHapus